Pages

Rabu, 01 Oktober 2014

Fungsi-fungsi menu bar MS Word


C.     Fungsi-Fungsi Menu Bar Microsoft Word 2010
1.     Menu File, Sub Menu File
·         New : Membuka dockument baru yang masih kosong
·         Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
·         Close : Mrenutup dokumen
·         Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
·         Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
·         Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
·         Seacrh : Mencari teks tertentu dari suatu file
·         Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
·         Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
·         Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
·         Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
·         Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
·         Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
·         Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
·         Exit : menutup program Ms. word
2.     Menu Edit, Sub Menu Edit
·         Undo : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
·         Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
·         Cut : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
·         Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
·         Office Clipboard : Membuka isi clipboard
·         Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
·         Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
·         Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
·         Clear : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
·         Select All : Untuk memblok semua isi dokumen
·         Find : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
·         Replace : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
·         Go To : Menuju ke halaman
·         Links : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
·         Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
3.     Menu View, Sub Menu View
·         Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
·         Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
·         Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
·         Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
·         Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
·         Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
·         Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
·         Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
·         Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
·         Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
·         Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
·         Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
·         Mark up : Menampilkan toollbar markup
·         Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
·         Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
4.     Menu Insert, Sub Menu Insert
·         Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
·         Page Numbers : Memberi nomor halaman
·         Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
·         Autotext : Menyisipkan kata
·         Field : Menyisipkan field
·         Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
·         Comment : Menyisipkan komentar
·         Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
·         Web Component : Menyisipkan komponen dari web
·         Picture : Menyisipkan gambar
·         Diagram : Menyisipkan diagram
·         Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
·         File : Menampilkan toollbar markup
·         Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
·         Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
·         Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)

5.     Menu Format, Sub Menu Format
·         Font : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan
·         Paragraph : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif
·         Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih
·         Borders and Shading : Memberikan bingkai dan arsiran
·         Columns : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom
·         Tabs : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen
·         Drop Cap : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph
·         Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
·         Change Case : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya
·         Fit Text : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat
·         Background : Memberi warna latar belakang pada dokumen
·         Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
·         Frames : membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame
·         Autoformat : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru
·         Style and Formating : Mengubah style dan format
·         Reveal Formating : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks
·         Object : Memformat suatu objek
6.     Menu Tools, Sub Menu Tools
·         Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
·         paragraf dalam sebuah dokumen
·         Language : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa -
·         Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
·         Autosummarize : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen aktif
·         Speech : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya
·         Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya
·         Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya
·         Protect Document : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen
·         Online Collaboration : mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet
·         Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard
·         Macro : Membuat dan menghapus macro sendiri
·         Template and add-ins : Mengatur tampilan template
·         AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis
·         Customize : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan
·         Options : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
7.     Menu Table, Sub Menu Table
·         Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel
·         Insert : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
·         Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
·         Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
·         Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
·         Split Cells : Memecah sel menjadi beberapa sel
·         Split Table : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
·         Table AutoFormat : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
·         AutoFit : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
·         Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
·         Convert : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
·         Sort : Mengurutkan data atau teks
·         Formula : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
·         Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
·         Table Propertise : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
8.     Menu Window, Sub Menu Window
·         New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
·         Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
·         Split : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
9.     Menu Help, Sub Menu Help
·         Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word -
·         Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
·         Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
·         Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
·         Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
·         About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar